APA ITU DESAIN PRODUK?

Sesuai dengan namanya, Desain Produk merupakan proses terciptanya produk baru untuk dijual kepada pelanggan. Berfikir bahwa definisi ini cenderung terlalu sederhana, desain produk sebenarnya adalah konsep yang sangat luas serta mencangkup generasi sistematis dan pengembangan ide yang akhirnya akan mengarah pada penciptaan produk baru. Pakar desain akan bekerja pada konsep dan ide, sehingga akhirnya mengubahnya menjadi produk dan penemuan nyata.

Desainer produk juga bekerja sama dengan para profesional lainnya seperti bagian pemasaran. Meskipun tidak bertanggung jawab langsung untuk merancang aspek-aspek yang bersifat mekanis dan teknologis dari produk, namun mereka tetap memastikan nilai kegunaan produk.

Desain produk memiliki banyak bidang aplikasi: peralatan medis, peralatan makan, perhiasan, olahraga dan rekreasi, peralatan pengawet makanan, furnitur, dll. Ini juga mempertimbangkan biaya produksi, proses pembuatan, dan peraturan.

PROSES DALAM DESAIN PRODUK

Dalam desain produk, prosesnya dibagi dalam beberapa fase yang berbeda, yang meliputi berbagai bentuk sketsa dan prototype. Namun, terkadang terdapat ide yang dimulai dari masalah yang sering ditemui oleh orang-orang, dan merancang solusi untuk menyelesaikannya. Ini adalah tentang bagaimana membuat garis merah antara pengguna dan lingkungan dengan menggunakan objek untuk memenuhi kebutuhan.

Desainer produk kemudian menghidupkan ide-ide tersebut melalui sketsa atau gambar yang mereka buat. Terkadang mereka juga menggunakan perangkat lunak desain industri 3D dan berbagai bantuan computer. Untuk sepenuhnya menguji atas apa yang mereka buat dari berbagai macam ide, desainer akan membuat prototipe.

CONTOH PENERAPAN DESAIN PRODUK

Tentu banyak contoh dari desain produk yang sudah terkenal di dunia, seperti Coca-Cola, IPod, atau Vespa. Selain itu, orang dapat menemukan banyak contoh inovatif lainnya seperti Dyson Pure Cool Link, pembersih udara, pemenang Penghargaan Reddote 2016.

Siswa Strate membuat proyek desain produk yang menarik sebagai bagian dari kurikulum mereka. Siswa dari Jurusan Desain Produk Tahun ke-3 menciptakan desain produk yang cerdas dan inovatif seperti desain ponsel dan kursi.

Sumber  : www.strate.education