APA ITU MEREK DAN BAGAIMANA PERAN PENTINGNYA UNTUK BISNIS ANDA?

Menurut definisi, Merek adalah praktik pemasaran dimana perusahaan akan menciptakan nama, simbol maupun desain yang mudah dikenali sebagai identitas perusahaan. Merek juga membantu dalam mengidentifikasi suatu produk dan membedakannya dari produk maupun layanan lainnya, hal ini penting karena tidak hanya untuk membuat kesan yang menarik untuk konsumen tetapi juga memungkinkan klien atau pengguna untuk mengetahui apa yang diharapkan oleh perusahaan Anda.

Merek akan menjadi cara untuk membedakan diri anda dari pesaing dan mengklarifikasi apa yang Anda tawarkan serta membuat Anda menjadi pilihan yang lebih baik. Merek Anda dibangun untuk menjadi representasi sejati dari siapa Anda dalam bisnis dan bagaimana Anda ingin dikenal.

Ada banyak hal yang dapat digunakan dalam mengembangkan merek Anda termasuk iklan, pelayanan, promosi barang dagang, reputasi serta logo. Semua hal ini bekerja sama dalam membuat satu profile professional yang unik dan menarik perhatian.

MENGAPA MEREK (BRANDING) SANGAT PENTING?

Branding merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis karena dampak keseluruhannya pada produk ataupun perusahaan Anda. Branding dapat mengubah cara pandang orang dalam melihat produk Anda dan hal ini dapat mendorong bisnis baru serta meningkatkan kesadaran akan merek dagang yang Anda miliki.

  • Pengenalan Merek

Bagian terpenting dari merek untuk bisnis Anda adalah identitas, bagaimana produk atau perusahaan Anda akan dikenal dan diakui oleh konsumen. Logo merupakan elemen paling penting dalam merek, karena ini merupakan wajah perusahaan. Dan karena hal ini juga, desain logo professional harus kuat dan mudah diingat, serta membuat kesan dalam pandangan pertama. Cara terbaik menyampaikannya adalah dengan produk promosi tercetak.

  • Merek (Branding) Meningkatkan Nilai Bisnis

Merek sangat penting dalam menciptakan bisnis di masa depan, dan merek yang kuat dapat meningkatkan nilai bisnis dengan memberikan perusahaan lebih banyak pengaruh dalam industri. Ini membuat peluang investasi yang lebih menarik karena berada di tempat strategis dalam pasar bisnis.

  • Merek Dapat Menghasilkan Pelanggan Baru

Merek yang baik tidak akan kesulitan dalam memulai suatu bisnis, karena merek yang kuat umumnya akan memberikan kesan positif perusahaan di antara konsumen. Konsumen pun cenderung melakukan bisnis dengan Anda yang didasarkan oleh keakraban serta asumsi ketergantungan menggunakan suatu merek yang dapat mereka percaya.

  • Meningkatkan Kebanggaan dan Kepuasan Karyawan

Ketika seorang karyawan bekerja untuk perusahaan dengan merek yang kuat dan benar-benar berdiri dari merek tersebut, mereka akan merasa lebih puas dengan pekerjaan yang mereka jalani dan juga memiliki tingkat kebanggaan yang lebih tinggi dalam pekerjaan yang mereka lakukan. Memiliki kantor bermerek, seringkali dapat membantu karyawan lebih loyal saat bekerja dalam perusahaan tersebut.

  • Meningkatkan Kepercayaan Pasar

Penampilan professional dan merek yang dirancang dengan baik akan membantu perusahaan membangun kepercayaan dengan konsumen, pelanggan dan juga klien potensial. Orang lebih cenderung melakukan bisnis dengan perusahaan yang memiliki penggambaran yang professional. Menjadi merek yang tepat memberikan kesan sebagai ahli industri dan membuat publik merasa seolah-olah mereka dapat mempercayai perusahaan Anda, produk dan layanan yang ditawarkan serta cara perusahaan itu menangani bisnisnya.

  • Merek Akan Mendukung Periklanan

Periklanan adalah bagian dari merek, dan bagaimana strategi periklanan akan langsung mencerminkan merek dan penggambaran produk yang diinginkan. Teknik periklanan seperti penggunaan produk dalam promosi dari perusahaan terpercaya seperti Outstanding branding memudahkan untuk membuat strategi periklanan yang kohesif dan menarik yang berperan baik dalam tujuan branding Anda.

Sumber : www.brandingmag.com